SELAMAT DATANG

Sabtu, 02 Juli 2011

Structure of a program (stuktur program)

Mungkin cara terbaik untuk memulai belajar bahasa pemrograman adalah dengan menulis program. Oleh karena itu, di sini adalah program pertama kami:
12345678910

/ / Program pertama saya di C + +
# Includeusing namespace std;
int main (){
  
cout <<"Hello World!";
  
return 0;}


Hello World!


Panel pertama (dalam cahaya biru) menunjukkan kode sumber untuk program pertama kami. Yang kedua (dalam cahaya abu-abu) menunjukkan hasil dari program sekali dikompilasi dan dieksekusi. Ke kiri, angka abu-abu mewakili nomor baris - ini bukan bagian dari program, dan ditampilkan di sini hanya untuk tujuan informasi.
Cara untuk mengedit dan mengkompilasi sebuah program tergantung pada compiler yang anda gunakan. Tergantung pada apakah ia memiliki Interface Pembangunan atau tidak dan pada versi. Konsultasikan bagian compiler dan manual atau membantu disertakan dengan kompiler Anda jika Anda memiliki keraguan tentang bagaimana mengkompilasi program C + + konsol.
Program sebelumnya adalah program magang programmer khas yang menulis untuk pertama kalinya, dan hasilnya adalah pencetakan di layar dari "Hello World!" kalimat. Ini adalah salah satu program paling sederhana yang dapat ditulis dalam C + +, tapi sudah berisi komponen mendasar yang setiap C + + program telah. Kita akan melihat baris demi baris pada kode kita baru saja menulis:
/ / Program pertama saya di C + +
    
Ini adalah baris komentar. Semua baris yang dimulai dengan dua tanda garis miring (/ /) dianggap komentar dan tidak memiliki efek pada perilaku program. Programmer dapat menggunakannya untuk menyertakan penjelasan singkat atau pengamatan dalam kode sumber itu sendiri. Dalam kasus ini, garis adalah deskripsi singkat tentang apa program kami.# Include
    
Baris yang dimulai dengan tanda hash (#) adalah petunjuk untuk preprocessor. Mereka tidak teratur baris kode dengan ekspresi tapi indikasi untuk preprocessor compiler. Dalam kasus ini direktif # include memberitahukan preprocessor untuk menyertakan file standar iostream. Ini file spesifik (iostream) meliputi deklarasi perpustakaan standar dasar input-output dalam C + +, dan ini dimasukkan karena fungsinya akan digunakan nanti dalam program.using namespace std;
    
Semua elemen standar C + + perpustakaan dinyatakan dalam apa yang disebut namespace, namespace dengan nama std. Jadi untuk mengakses fungsionalitas kami menyatakan dengan ungkapan ini bahwa kita akan menggunakan entitas ini. Baris ini sangat sering di C + + program yang menggunakan standar perpustakaan, dan sebenarnya itu akan dimasukkan dalam sebagian besar kode sumber disertakan dalam tutorial ini.int main ()
    
Baris ini sesuai dengan awal dari definisi fungsi utama. Fungsi utama adalah titik oleh di mana semua program C + + mulai eksekusi mereka, terlepas dari lokasinya di dalam kode sumber. Tidak peduli apakah ada fungsi lain dengan nama yang lain didefinisikan sebelum atau sesudah itu - instruksi yang terdapat dalam definisi fungsi ini akan selalu menjadi yang pertama yang akan dieksekusi dalam setiap program C + +. Untuk itu alasan yang sama, adalah penting bahwa semua program C + + memiliki fungsi utama.

    
Kata utama adalah dalam kode diikuti oleh sepasang tanda kurung (()). Itu karena merupakan deklarasi fungsi: Dalam C + +, apa yang membedakan sebuah deklarasi fungsi dari jenis lain ekspresi kurung ini yang mengikuti namanya. Opsional, tanda kurung ini dapat melampirkan daftar parameter dalam diri mereka.

    
Tepat setelah kurung ini kita dapat menemukan tubuh dari fungsi utama diapit oleh kurung ({}). Apa yang terkandung di dalam kurung ini adalah apa fungsi tidak ketika dijalankan.cout <<"Hello World!";
    
Baris ini adalah C + + pernyataan. Sebuah pernyataan adalah ekspresi sederhana atau senyawa yang benar-benar dapat menghasilkan beberapa efek. Pada kenyataannya, pernyataan ini hanya melakukan tindakan yang menghasilkan efek yang terlihat dalam program pertama kami.

    
pengadilan adalah nama dari output stream standar dalam C + +, dan makna dari seluruh pernyataan adalah untuk menyisipkan rangkaian karakter (dalam hal ini urutan Hello World karakter) ke dalam aliran output standar (pengadilan, yang biasanya sesuai dengan layar).

    
pengadilan ini dideklarasikan pada file standar iostream dalam namespace std, jadi itu sebabnya kami perlu menyertakan file tertentu dan untuk menyatakan bahwa kami akan menggunakan namespace spesifik ini di awal kode kita.

    
Perhatikan bahwa pernyataan diakhiri dengan karakter titik koma (;). Karakter ini digunakan untuk menandai akhir dari pernyataan dan kenyataan itu harus disertakan pada akhir dari semua pernyataan ekspresi dalam semua program C + + (salah satu kesalahan sintaks yang paling umum memang lupa untuk menyertakan beberapa titik koma setelah pernyataan).return 0;
    
Pernyataan kembali menyebabkan fungsi utama untuk menyelesaikan. kembali mungkin akan diikuti oleh kode kembali (pada contoh kita adalah diikuti oleh kode kembali dengan nilai nol). Sebuah kode kembali 0 untuk fungsi utama umumnya ditafsirkan sebagai program bekerja seperti yang diharapkan tanpa ada kesalahan selama pelaksanaannya. Ini adalah cara yang paling biasa untuk mengakhiri program C + + konsol.

Anda mungkin telah memperhatikan bahwa tidak semua baris program ini melakukan tindakan saat kode dijalankan. Ada baris yang mengandung komentar saja (yang dimulai dengan / /). Ada baris dengan petunjuk untuk preprocessor compiler (yang dimulai dengan #). Lalu ada garis-garis yang mulai deklarasi fungsi (dalam kasus ini, fungsi utama) dan, akhirnya baris dengan pernyataan (seperti penyisipan ke pengadilan), yang semua termasuk dalam blok dibatasi oleh kurung ({}) dari fungsi utama.
Program ini telah terstruktur dalam baris yang berbeda agar lebih mudah dibaca, tapi di C + +, kita tidak memiliki aturan ketat tentang bagaimana memisahkan instruksi dalam baris yang berbeda. Misalnya, bukan
12345

int main (){
  
cout <<"Hello World!";
  
return 0;}


Kita bisa menulis:

 
int main () {cout <<"Hello World!"; return 0;}


Semua hanya dalam satu baris dan ini akan memiliki arti yang sama persis dengan kode sebelumnya.
Dalam C + +, pemisahan antara pernyataan ditentukan dengan titik koma berakhir (;) pada akhir masing-masing, sehingga pemisahan dalam baris kode yang berbeda tidak masalah sama sekali untuk tujuan ini. Kita dapat menulis banyak pernyataan per baris atau menulis pernyataan tunggal yang mengambil banyak baris kode. Pembagian kode dalam baris yang berbeda hanya melayani untuk membuatnya lebih mudah dibaca dan skematis untuk manusia yang mungkin membacanya.
Mari kita tambahkan instruksi tambahan untuk program pertama kami:
123456789101112

/ / Program kedua saya di C + +
# Include
using namespace std;
int main (){
  
cout <<"Hello World!";
  
cout <<"Aku C + + program";
  
return 0;}


Hello World! Aku C + + program


Dalam kasus ini, kami melakukan dua sisipan ke pengadilan dalam dua pernyataan yang berbeda. Sekali lagi, pemisahan dalam baris yang berbeda dari kode telah dilakukan hanya untuk memberikan pembacaan yang lebih besar untuk program ini, karena utama bisa telah sempurna berlaku didefinisikan dengan cara ini:

 
int main () {cout <<"Hello World!"; cout <<"Aku C + + program"; return 0;}


Kami juga bebas untuk membagi kode ke baris lagi jika kita dianggap lebih nyaman:
12345678

int main (){
  
cout <<
    
"Hello World!";
  
pengadilan
    
<<"Aku C + + program";
  
return 0;}


Dan hasilnya akan lagi sudah persis sama seperti pada contoh sebelumnya.
Arahan preprocessor (yang dimulai dengan #) adalah keluar dari aturan umum ini karena mereka tidak pernyataan. Mereka baris dibaca dan diproses oleh preprocessor dan tidak menghasilkan kode apapun sendiri. Preprocessor arahan harus dirinci dalam jalur sendiri dan tidak harus diakhiri dengan titik koma (;).
Komentar
Komentar adalah bagian dari kode sumber diabaikan oleh compiler. Mereka hanya melakukan apa-apa. Tujuan mereka hanya untuk memungkinkan para programmer untuk memasukkan catatan atau deskripsi tertanam dalam kode sumber.
C + + mendukung dua cara untuk menyisipkan komentar:
12

/ / Baris komentar/ * Blok komentar * /


Yang pertama dari mereka, yang dikenal sebagai baris komentar, membuang segala sesuatu dari mana sepasang tanda garis miring (/ /) ditemukan sampai akhir dari baris yang sama. Yang kedua, yang dikenal sebagai blok komentar, membuang segala yang ada antara karakter / * dan penampilan pertama dari * / karakter, dengan kemungkinan termasuk lebih dari satu baris.Kita akan menambahkan komentar ke program kedua kita:
123456789101112

/ * Program kedua saya di C + +
   
dengan komentar yang lebih * /
# Includeusing namespace std;
int main (){
  
cout <<"Hello World!"; / / mencetak Hello World!
  
cout <<"Aku C + + program"; / / mencetak aku C + + program
  
return 0;}


Hello World! Aku C + + program


Jika Anda memasukkan komentar dalam kode sumber dari program-program anda tanpa menggunakan karakter komentar kombinasi / /, / * atau * /, compiler akan membawa mereka seolah-olah mereka C + + ekspresi, kemungkinan besar menyebabkan satu atau pesan kesalahan beberapa saat compile .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar